Warga Desa Tolak Rencana Penambangan Pasir & Batu Di Desa Kukusan Situbondo

0

SITUBONDO | Sketsaonline.com – Rencana penambangan di Desa Kukusan, Kecamatan Kendit, Kabupaten Situbondo menuai kecaman dari berbagai pihak di antaranya warga masyarakat setempat bahkan musyawarah telah dilaksanakan antara pihak pengelola yakni Fathorrosi dengan beberapa pihak terkait.

Diantaranya Muspika kec. Kendit serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab. Situbondo, Kholil, SP, MP, Kepala Dinas Perekonomian, Ir. Sentot Sugiono Kabid Pelayanan Terpadu DPMPTSP Kab. Situbondo, Taufan A. Jaksana , Kabid Penataan dan Pemanfaatan Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup, Anton Sujarwo Rabu (31/10/2018) sekitar pukul 09.30 wib bertempat di Depot Restu Situbondo.

Namun hal itu ditolak oleh masyarakat setempat salah satunya yakni, Didik. “Kita menolak tambang tersebut untuk beraktifitas, karena hal tersebut merugikan masyarakat. Sampai-sampai sumur warga kering”, kata tokoh masyarakat Desa Kukusan itu.

Dan H Romli juga mengatakan, “Kami berharap untuk kegiatan tambang tersebut solusinya agar dipindah di gunung timur, jangan di barat. Kami warga tidak akan menggugat bilamana hal itu dilakukan oleh pengembang”.Tuturnya.

Ditempat yang sama, Kades Kukusan, Jupriyanto mengatakan bahwa, “Kalau masyarakat setuju silahkan kerjakan sesuai aturan dan MoU ke masyarakat. Kalau ada yang merugikan ke masyarakar tetap akan kita tolak. Kalau saya tidak menjamin akan keputusan masyarakat setuju tidaknya, hasilnya nanti keputusan masyarakat. ” Katanya.

Sedangkan Kasat Reskrim, AKP Masykur, SH Polres Situbondo berharap, “Agar masyarakat dalam menyikapi hal ini dengan kepala dingin, dan jaga kondusifitas Situbondo pada khususnya. Tidak ada yang tidak bisa diselesaikan dengan bermuyawarah mufakat. Karena kondusifitas dan keamanan kamtibmas itu tugas kami TNI-Polri”, tegasnya.

Sementara itu, disamping acara tersebut dihadiri oleh Muspika, Forkopimda juga turut hadir dalam acara tersebut serta Gp Sakera . ( Hfz ).