Warga Sumberejo Lega, Kapolres Situbondo Janji Tuntaskan Kasus TKD Sumberejo

0

Situbondo, | Sketsaonline.com-Sekitar 50 warga desa Sumberrejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo didampingi GP Sakera datang ke Polres Situbondo memberikan dukungan moril kepada Penyidik Reskrim Unit Tipikor untuk segera menuntaskan Laporan Pengaduan terkait TKD (Tanah Kas Desa) Sumberejo Tahun 2013 hingga Tahun 2017, ( 12/10/18 ).

Kasus dugaan penyalahgunaan ini di laporkan awal Maret 2018 oleh satu LSM di Situbondo, namun karena tidak ada perkembangan, sejumlah warga akhirnya mengadu ke GP Sakera (Gerakan Perlawanan Situtubondo Anti Korupsi, Edukasi, Resistensi dan Advokasi ) untuk ikut mengawal Kasus TKD ini.

Rencana awal rombongan warga ini akan bertemu dengan Kanit Tipikor Reskrim Polres Situbondo, diluar dugaan respon positif dari Kapolres Situbondo AKBP Awan Hariono, S.H., S.I.K, M.H. menemui langsung warga dan GP Sakera, hal ini disambut antusias warga dan ditemuinya langsung di ruangan lantai 2 Mapolres Situbondo.

Dalam sambutannya Kapolres Situbondo yang selalu tersenyum mengatakan, Bahwa Nakhoda Polres ini adalah saya, saya yang bertanggung jawab terhadap kondisi kamtibmas di Kabupaten Situbondo, percayakan kepada kami dan silahkan menghubungi saya baik ketemu langsung maupun via WA, karena masukan dari warga sangatlah bermanfaat bagi kami.

“Jangan takut dan sungkan karena Polisi bukan musuh masyarakat, kami adalah pelayan masyarakat, setiap kasus yang di laporkan kepada kami akan kami tangani secara profesional” ungkapnya

Terkait dugaan Kasus TKD ini sudah masuk ke tahap Penyidikan hanya tinggal menunggu waktu saja, dan satu lagi, karena ini tahun politik jadi warga harus berhati hati setiap ada orang yang bermaksud mengganggu Kamtibmas, karena jika ada kekacauan maka semua akan di rugikan, Tegasnya.

Sementara Salah seorang warga H. Muhtadi dengan suara bergetar menahan haru ketika di beri kesempatan untuk bicara mengatakan ” Ini seperti mimpi yang menjadi kenyataan, semula kami sangat pesimis untuk bisa menuntut keadilan karena kami rakyat kecil dan yang kami lawan adalah pentolan, bahkan tidak pernah kami bayangkan kami bisa bertatap langsung dan menyampaikan unek-unek kami, namun ketika mendengar penjelasan Kapolres kami kembali bersemangat, semoga Kapolres di beri kesehatan dan terus berjuang demi keadilan di Situbondo “, ujar Muhtadi.

Sementara itu Kanit Tipikor Reskrim Polres Situbondo Ipda Gede memaparkan ” Dalam penanganan kasus korupsi ada perbedaan di banding dengan penanganan kasus pidana lainnya, karena kasus korupsi itu harus ada kerugian negara dan yang bisa menganalisa adalah Ahlinya, untuk kasus TKD desa Sumberejo sudah masuk dalam Tahap Penyidikan setelah melalui Tahap Klarifikasi, dan Tahap Penyidikan “.

” Artinya sudah ada dugaan kuat tindak pidana tinggal menentukan Tersangkanya, dan untuk menentukan Tersangkanya kami akan memanggil Saksi saksi ahli yang selanjutnya akan di lakukan Gelar Perkara sesuai SOP, terpenting adalah saya yakinkan Tipikor tidak akan pernah masuk angin dalam menangani kasus ini ”

Warga lainnya Jurong setelah pertemuan itu mengatakan ” Saya sangat berterima kasih kepada GP Sakera dan Tim S One yang sangat sungguh-sungguh dan ikhlas mengawal kasus ini hingga kami bisa bertatap dan mengungkapkan langsung kepada Kapolres dan ini harapan kami selama ini, saya dan warga akan selalu menunggu intruksi P. Syaiful dan dalam satu komando serta kami akan selalu mengingat pesan Kapolres untuk menjaga Kamtibmas ”

Bang Ipoel panggilan akrab Ketum GP Sakera dan S One mengatakan ” Sangat sangat bangga dengan Kapolres yang dengan gagah namun humanis bersedia bertemu dan mendengarkan langsung keluhan dan keinginan masyarakat, ini adalah respon dan tindakan nyata dengan penuh keihlasan karena tak sedikit pejabat yang terkadang enggan menemui rakyatnya, terima kasih juga kepada Kanit Tipikor dan penyidik yang bekerja sungguh sungguh mengungkap kasus ini terlebih juga kepada masyarakat Desa Sumberejo yang selama ini masih mau mendengar nasihat saya untuk selalu menggunakan jalur hukum dan tidak mendengar fitnah yang akan merugikan warga sendiri, saya sangat terharu ketika warga berikrar untuk selalu dalam garis komando dari saya, semoga Penyidik di beri kesehatan dan tidak halangan dalam mengungkap kasus ini sehingga dalam waktu yang dekat Warga bisa merasakan keadilan “. ( Hfz )