Wow Keren Lahan Ipal Komunal di Depok Unik bisa Jadi Sarana Bermain

0
Kp.Malela Depok

Lahan pembangunan Ipal Komunal dikota Depok ternyata bisa dimanfaatkan untuk dijadikan sarana dan prasarana bermain oleh masyarakat sekitar.

Ini hasil inovasi warga sekitar memanfaatkan luas lahan Ipal 3 x10 m3 dijadikan saran bermain, jadi tidak terkesan kumuh IPAL nya, bisa untuk selfi maupun sarana lainnya bagi masyarakat” kata Kepala Bidang Pemukiman (Disrumkim) Depok Sukanda kepada sketsa (23/01).

baca Juga :Penuhi Cakupan Sanitasi Pemukiman, Disrumkim Depok Ajukan Bantuan Dana Bangun Ipal Komunal

Dikatakannya pemanfaatan lahan ipal ini tidak akan menggangu fungsi wadah tersebut, dan kreasinya dilakukan oleh Kelompok Swadaya Masyarakat (KSM) sekitar.lanjut Sukanda.

Menurutnya dengan pembangunan teknologi IPAL dan sistem jaringan perpipaan ini difungsikan untuk wilayah Permukiman padat di perkotaan yang kebanyakan sudah memiliki jamban namun pribadi yang tidak memenuhi persyaratan higienis

Foto : Ipal Komunal diwilayah Bojong Pondok Terong

Untuk pembangunannya di Kota Depok hingga tahun 2019 sudah terbangun 49 unit, dimana kapasitas satu Ipal mampu menampung minimal 35 sampai 50 KK, Anggarannya merupakan bantuan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) Pemprov Jawa Barat, DKI Jakarta dan bersumber dari dana APBD Kota Depok.

Berharap dengan telah dibangunnya Ipal komunal diwilyah Depok, cakupan sanitasi pemukiman dapat bermanfaat sehingga kawasan kumuh perkotaan menjadi nyaman dan higienis.papar Sukanda . (Dot)