Yayasan EcoNusa Gelar Lokakarya di Sorong

0
Muhamad Farid saat kegiatan lokakarya

SORONG– Yayasan EcoNusa selama dua hari berturut turut yakni Senin tanggal 17 dan Selasa,18 Februari 2020 menggelar lokakarya pengembangan wisata berkelanjutan.

Direktur Program Yayasan EcoNusa Muhammad Farid,ketika berbincang dengan Sketsa Selasa,(18/02/2020) mengatakan, kegiatan lokakarya selama dua hari berturut turut mengikutsertakan pelaku kegiatan Ekowisata Papua Barat terhadap rencana pembangunan berkelanjutan di Papua Barat melalui pengembangan wisata alam yang berkelanjutan atau ekowisata.

Kegiatan ini kata Muhammad Farid pihaknya bekerjasama dengan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Papua Barat yang diselenggarakan di Swissbel Hotel Kota Sorong.

Ketika ditanya yang melatarbelakangi pemikiran yayasan EcoNusa menyelenggarakan lokakarya tentang ekowisata tersebut menurut Muhammad Farid,pihaknya sebagai jembatan untuk menggerakan kegiatan lokakarya atau workshop terhadap para pengelola kegiatan ekowisata agar mengetahui apa apa saja yang harus diketahui ekowisata yang tentunya beragam.

” Di Papua ini banyak tempat tempat wisata yang sudah dikenal dunia seperti Raja Ampat dan yang lain, untuk mengelola ini perlu adanya trnaga smber daya manusia khususnya putra daerah yang mengetahui daerahnya.Contoh jenis burung cendrawasih yang dilindungi,untuk hutan di Papua yang mengetahui jumlahnya dan jam jam berapa burung tersebut bermain tentu putra daerah setempatlah yang mengetahuinya. Secara formal kami dari yayasan EcoNusa perlu memberikan pengetahuan kepada pelaku ekowisata itu,” terang Muhammad Farid.(jos)